sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Saturday, 14 February 2015

Kapan Ganti V Belt Honda Beat Yang Benar?

Ganti V Belt Honda Beat  - Saat ini sepeda motor dengan transmisi otomatis yakni CVT atau yang sering disebut motor matic memang laris manis dipasaran. Banyak para pengguna sepeda motor yang memilih membeli motor matic lantaran lebih praktis digunakan. Jika anda adalah salah satunya, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada si matik agar performanya tetap bagus. Salah satu komponen yang harus diperhatikan pada motor matic adalah v belt. Komponen ini berfungsi untuk meneruskan putaran pulley bagian depan (engine) menuju pulley belakang (roda). Pada transmisi manual yang menggunakan rantai mungkin akan lebih mudah dalam hal perawatan karena anda cukup memberinya dengan pelumas atau jika sudah kendor kemudian menggantinya. Namun bagaimana dengan v belt pada motor matic ini yang notabene tertutup oleh cover?
Kapan Ganti V Belt Honda Beat Yang Benar?
V Belt Honda Beat
Tanda-tanda V Belt Honda Beat "minta" ganti biasanya terasa bergetar ketika sedang berjalan. Bahkan jika sudah parah laju motor jadi tersendat-sendat. Hal demikian tentu tidak enak bukan? ini disebabkan karena V Belt sudah rusak bahkan hampir putus. Jadi ketika pemakaian sudah melewati batas maksimum, biasanya V Belt akan mengalami retak-retak yang mengakibatkan getaran berlebih pada motor matic anda. Kalau tetap dipaksakan ujung ujungnya V belt putus dan tentu motor tidak bisa jalan. Lantas sebenarnya kapan waktu yang tepat dalam mengganti V belt untuk Honda BeAt?

Merujuk pada buku panduan, batas maksimum pemakaian V Belt Honda Beat adalah 24 ribu kilometer. Jadi kalau sudah menempuh jarak sejauh 24 ribu Km, artinya anda wajib mengganti V Belt. Jika tetap dipaksakan bisa saja akan menambah kerusakan pada komponen lainya. Selain lamanya pemakainya, kerusakan v belt juga bisa disebabkan habyd atau kebiasaan dalam berkendara. Misalnya saat menekan tuas rem, gas ditekan penuh tentu saja ini akan mempercepat kerusakan pada V belt. Terakhir meski batas maksimal dalam mengganti V Belt Honda Beat, sebaiknya tetap dilakukan pengecekan berkala yakni setiap 8.000 Km atau sekitar 4 bulan pemakaian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kapan Ganti V Belt Honda Beat Yang Benar?

0 komentar:

Post a Comment