sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Thursday 17 April 2014

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Salah Pilih

Meskipun saat ini banyak beredar mobil LCGC atau Low Cast Green Car yang dibanderol dibawah 100 juta, namun peminat mobil bekas ternyata masih tinggi. Alasan utamanya karena dengan harga yang sama didapatkan spesifikasi yang lebih tinggi meskipun dalam kondisi bekas. Memilih mobil bekas bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bisa saja jika dilihat dari tampilan luarnya terlihat mulus namun ternyata setelah dipakai terdapat beberapa kerusakan. Bukanya dapat harga murah, tapi justru harus mengeluarkan kocek yang banyak untuk perbaikan mobil tersebut. Oleh karena kejelian sangat dituntut dalam membeli sebuah mobil bekas. 
Tips Membeli Mobil Bekas
ilustrasi Membeli Mobil Bekas

Untuk membeli mobil bekas sekarang ini bisa dikatakan sangat mudah. Hal ini dikarenakan informasi yang sangat mudah didapatkan seperti melalui jejaring social atau situs jual beli online selain datang langsung ke delaer mobil bekas. Karena anda ingin membeli mobil bekas yang notabene telah digunakan orang lain sebelumnya maka hal yang harus anda ketahui adalah segala informasi terkait dengan mobil tersebut. Berbeda jika membeli mobil baru yang kondisinya sudah di jamin oleh setiap pabrik pembuatnya. Nah untuk itu disini saya akan sedikit memberikan tips untuk anda yang akan membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Mencari tahu harga mobil yang akan anda beli

Agar tidak tertipu oleh si penjual maka hal ini wajib anda lakukan ketika akan membeli mobil bekas. Penjual bisa saja menjual mobilnya dengan harga semau dia. Jika anda tidak tau harga dipasaran, maka anda bisa-bisa ditipu habis-habisan. Untuk mencari informasi harga mobil yang akan anda beli anda bisa mengeceknya di situs jual beli, bertanya pada teman, membaca iklan yang ada di Koran dan lainya.

2. Bersabar

Untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang relative murah kuncinya adalah bersabar. Carilah sebanyak-banyaknya informasi tentang mobil bekas yang ingin anda beli. Setelah mendapatkan informasi yang cukup barulah anda bandingkan baik dari sisi harga maupun kondisinya.

3. Jangan percaya langsung dengan si penjual

Jika anda membeli dari seorang makelar sebaiknya jangan langsung percaya dengan apa yang ia ucapkan. Terkadang si penjual hanya membecirakan tentang sisi positifnya atau kelebihanya tanpa mengutarakan hal negative tentang mobil tersebut. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan beberapa penjual juga jujur tentang kondisi mobil bekas yang ia jual. Intinya anda harus mengecek sendiri secara langsung. Jika anda tidak tau tentang mobil sebaiknya mengajak teman yang sudah ahli atau yang berpengalaman dibidang tersebut.

4. Periksa kondisi body mobil tersebut

Periksalah mulai dari warna cat, perhatikan apakah ada cat yang belang (ada satu bagian yang warnanya atau kecerahanya berbeda). Jika didapatkan kondisi demikian kemungkinan mobil tersebut pernah dicat ulang akibat bersenggolan atau tabrakan dengan kendaraan lain. Rasakan juga dengan sentuhan jari apakah ada bagian yang bergelombang atau tidak.

5. Periksa Kondisi Mesin

Bukalah kap mesin dan periksalah secara visual apakah ada kebocoran baik dari oli pelumas maupun cairan pendingin. 

6. Lakukan Test Drive

Ketika anda ingin membeli mobil bekas usahakanlah untuk bisa melakukan test drive. Lakukanlah dengan jalan yang bervariasi dan rasakan. Dengan test drive ini setidaknya bisa mendeteksi jika terdapat kerusakan.

7. Periksa kelengkapan dokumen

Mintalah kepada penjual untuk menunjukan dokumen mobil tersebut mulai dari BPKB, STNK, faktur pembelian dan dokumen lainya.

Setidaknya ada 7 hal yang bisa anda lakukan ketika akan membeli mobil bekas. Dengan melakukan tips-tips diatas semoga anda bisa membeli mobil bekas sesuai dengan keinginan anda. Nah setelah membeli mobil bekas, ada baiknya anda juga memperhatikan hal-hal yang dilakukan setelah membeli mobil bekas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Salah Pilih

6 komentar:

  1. Ingin Beli Mobil... Lagi Cari-cari Sales Yang Jujur.... yah di Tunas Daihatsu Pecenongan...
    : http://web-daihatsu.blogspot.com/

    Buktikan Kepuasan anda membeli di Dealer Kami...
    - Harga Bersaing
    - Free Member Tunas Friend
    - Proses di bantu samapai tuntas
    - Siap selalu jika ada yang perlu di butuhkan...

    Salam, Sahabat Daihatsu

    ReplyDelete
  2. tips nommer 6 dan 7 itu lho yg paling penting...


    salam kenal, dituggu kunjungannya...

    ReplyDelete
  3. Memang memilih mobil bekas itu gampang-gampang susah, yang penting bersabar seperti tips no 2, tidak terburu-buru untuk mendapatkan mobil idaman kita, agar tidak kecewa akhirnya, thanks infonya, salam kenal.

    ReplyDelete
  4. makasih infonya gan sangat bermanfaat sekali terutama bagi yang pertama mau beli mobil kaya saya :)

    ReplyDelete
  5. leh uga gann, tengkyu sharenya, yg laen, klo mau lgkap juga, ntar lagi ada event IIMS 2015 di Kemayoran, kali aja bsa tmbah wawasan di sono

    ReplyDelete