sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Thursday, 7 May 2015

Cara Memasang Lampu HID Pada Motor Agar Aman dan Awet

Cara Memasang Lampu HID Pada Motor - Lampu HID memiliki pancaran cahaya yang lebih terang dari lampu standar. Oleh sebab itu banyak yang menggemarinya dan mengaplikasikanya pada sepeda motor. Dengan demikian perjalanan malam hari semakin terlihat jelas, Namun banyak para modifikator yang kurang memperhatikan dalam pemasangan Lampu HID ini. Al hasil lampu menjadi tidak awet dan lebih parahnya lagi merusak komponen-komponen lain. Utamanya lagi pada motor injeksi, harus dilakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu seperti kondisi aki.


Cara memasang lampu HID pada motor injeksi dilakukan dengan mengubah arus listrik menjadi DC atau direct current. Caranya cukup dengan melepas kabel kuning pada kiprok. Sementara untuk yang belum injeksi juga harus dibuat DC (full wave) supaya aki tidak mudah tekor. Caranya bisa mengaplikasikan kiprok milik Honda Tiger. Selain itu perhatikan kondisi aki motor anda. Jjika tegangan kurang dari 12 volt baiknya ganti dengan yang baru. Jika tidak akan berimbas pada sistem kelistrikan lain yang jadi kurang maksimal. Jika motor anda sudah AHO atau automatic Headlamp On baiknya juga dipasang saklar on/off.

Pemasangan lampu HID untuk harian harus memperhatikan spesifikasi ballast. dan lampu. Gunakanlah ballast minimal 35 watt dan maksimal 55 watt. Jika ukuran ballast terlampau besar akan mengakibatkan reflector cepat leleh. Sementara untuk ukuran lampunya gunakan antara 4300 K hingga maksimal 6000 K. Pancaran lampu HID memang cukup panas, oleh sebab itu lubang hawa di reflektor harus berfungsi maksimal. Tidak perlu dilepas karena akan membuat kotoran mudah masuk. Anda bisa menggunakan busa kecil pada lubang tersebut sehingga kotoran tidak masuk,. Terakhir, saat menghidupkan motor jangan langsung menghidupkan lampu beri jeda kurang lebih 3 menit. Hal ini dimaksudkan agar tegangan pada aki dalam keadaan normal. Begitu juga saat mematikan motor, matikan lampu terlebih dahulu baru matikan mesin. Hal ini sering diabaikan oleh para rider sehingga ballast mudah rusak.

Nah itulah tadi Cara Memasang Lampu HID Pada Motor agar awet dan aman atau tidak merusak komponen lain. Jadi kesimpulanya ada 5 poin yang harus diperhatikan ketika memasang lampu HID yakni memasang saklar on/off untuk motor AHO, tegangan aki tidak boleh kurang 12v, perhatikan spesifikasi ballast dan lampu, memasang busa pada lubang reflektor, dan menyalakan lampu ketika aki sudah dalam keadaan normal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasang Lampu HID Pada Motor Agar Aman dan Awet

0 komentar:

Post a Comment