sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Wednesday, 19 March 2014

Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil

Koil pada motor ataupun mobil berfungsi untuk meningkatkan tegangan menjadi 10 ribu volt. Tegangan ini nantinya akan digunakan untuk memercikan bunga api pada busi. Indikasi rusaknya koil pengapian adalah mesin yang mati karena tidak ada pengapian ataupun kendaraan terasa tersendat-sendat. Pada kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memeriksa kerusakan pada koil pada kendaraan.
Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil
Cara Cek Kerusakan Koil Pengapian

Cara mengecek kerusakan koil motor dan mobil dilakukan dengan cara yang sama. Yang pertama dilakukan adalah periksa dulu apakah busi memercikan bunga api atau tidak, dan pastikan juga komponen-komponen lain pada sistem pengapian seperti CDI bekerja dengan baik. Jika busi tidak memercikan bunga api dan komponen sistem pengapian lainya tidak bermasalah, maka kerusakan bisa terjadi pada Koil pengapian. Untuk itu lakukan pengecekan sebagai berikut.

Koil pengapian pada mobil sebenarnya didalamnya terdapat dua kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Keduanya saling berhubungan untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dihasilkan dari proses induksi listrik. Untuk itu periksa tahanan pada kedua kumparan tersebut dengan menggunakan multimeter. Putar selektor pada posisi 1x ohm. Kalibrasi multimeter tersebut dengan cara menghubungkan probe + dan probe - dan setlah jarum pada angka 0. Periksa tahanan kumparan primer koil dengan cara menghubungkan probe (-) multimeter ke terminal (-) koil dan probe (+) multimeter ke terminal (+) koil. Kemudian periksa tahana kumparan sekunder dengan cara menghubungkan probe (+) multimeter ke terminal (+) dan probe (-) multimeter ke terminal tegangan tinggi. Spesifikasi tahanan primer koil pengapian adalah 1,3 hingga 1,6 ohm dan tahanan sekunder koil pengapian adalah 10,,7 hingga 14, 5 K ohm. Bandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi, jika tidak sesuai maka koil pengapian perlu diganti. Untuk lebih jelasnya lihat gambar cara cek pengapian dibawah ini.
Cara Cek Kerusakan Koil Pengapian
Cara Cek tahanan Koil Pengapian

Gimana cukup mudah bukan untuk mengecek kerusakan pada koil pengapian ? Jika koil kendaraan anda rusak, maka anda bisa menggantinya dengan yang baru yang banyak dijual dipasaran. Harga koil pengapian ini bermacam-macam ada yang ratusan ribu ada juga yang jutaan tergantung merk dan kualitasnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil

1 komentar:

  1. Koil merupakan sistem pengapian dari kendaraan Bensin berfungsi untuk meningkatkan tegangan sehingga busi mengeluarkan percikan api untuk pembakaran bahan bakar apabila koil lemah mobil berjalan tersendat terutama ketika kita injak pedal gas, gantilah koil dengan yang baru!.Terimakasih.
    rental mobil bandung
    Megahrental - telp.+62082130175579 adalah salah satu rental mobil yang ada di kota Bandung, yang melayani berbagai keperluan perjalanan anda, baik untuk pemakaian didalam kota Bandung atau untuk keluar kota Bandung dengan harga murah dan terjangkau, mobil yang terawat serta sopir yang berpengalaman dan profesional.Bersama Megahrental anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kota Bandung atau diluar kota Bandung secara aman, nyaman, efektif dan efeien.

    ReplyDelete