sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Sunday 18 May 2014

Penyebab Dan Cara Mengatasi Karburator Banjir

Cara Mengatasi Karburator Banjir -Meskipun pada saat ini hampir semua sepeda motor keluaran terbaru sudah menggunakan sistem injeksi, namun pengguna sepeda motor yang menggunakan karburator masih jauh lebih banyak. Karburator pada sepeda motor berfungsi untuk mengkabutkan bahan bakar dalam hal ini adalah bensin ke dalam silinder. Jika usia pemakainya sudah lama, sering kali timbul beberapa masalah pada karburator. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah karburator banjir atau bensin yang ada didalamnya meluap. Lalu apa penyebab karburator banjir ini? Simak ulasanya berikut
Penyebab Dan Cara Mengatasi Karburator Banjir
Cara Mengatasi Karburator Banjir

Penyebab Karburator banjir adalah needle valve yang tidak menutup secara sempurna. Di bagian bawah karburator terdapat sebuah ruang pelampung yang digunakan untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan needle valve. Needle valve ini berfungsi sebagai katup untuk menutup dan membuka aliran bensin dari tangki ke karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka needle valve akan membuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan pada saat ruang pelampung sudah terisi penuh oleh bensin, maka needle valve akan menutup saluran tersebut. Jadi jika pada saat ruang pelampung sudah penuh namun needle valve tidak menutup secara sempurna maka otomatis bensin akan meluap atau yang dikenal dengan karburator banjir.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Karburator Banjir
needle valve
Cara mengatasi karburator banjir sebenarnya cukup mudah. Pertama-tama lepas karburator dari silinder head dengan melepas kedua bautnya diikuti melepas kabel gas dan kabel cuk. Namun sebelum itu jika anda masih menggunakan filter udara standar lepas terlebih dahulu filter tersebut agar memudahkan dalam melepas karburator. Setelah karburator terlepas dilanjutkan dengan membongkarnya dengan cara melepas keempat baut yang ada dibagian bawah. Jika sudah buka ruang pelampung maka akan terlihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastic. Lepaskan pelampung tersebut dengan cara menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama needle valve. Selanjutnya adalah melakukan penyetelan dengan cara membengkokan keatas (sedikit saja) logam yang digunakan untuk dudukan needle valve. Jika sudah pasanglah kembali pelampung beserta needle valvenya dan lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk (yang berhubungan dengan selang bensin), dan gerakan pelampung keatas dan kebawah. Pastikan bahwa ketika pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve dapat menutup penuh. Jika belum pas, lakukan penyetelan ulang.

Cukup mudah bukan Cara Mengatasi Karburator Banjir ini? Nah sebelum dipasang kembali lakukan pembersihan terutama pada spuyernya. Dalam membersihkanya anda bisa menggunakan karburator cleaner kemudian di semprot dengan udara bertekanan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Dan Cara Mengatasi Karburator Banjir

0 komentar:

Post a Comment