sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Friday, 25 April 2014

Tips Mengganti Roda Mobil

Terkadang kita mengalami hal yang cukup membuat kesal ketika sedang mengendarai mobil. Di tengah perjalanan ban tiba-tiba kempes, kalau lokasinya di tengah keramaian dan dekat dengan bengkel mungkin anda tidak begitu risau. Namun apa yang terjadi jika lokasi ketika ban kempes tersebut jauh dari rumah penduduk ? apakah anda hanya akan diam saja dan berharap ada orang yang lewat dan kemudian mau membantu? Asalkan anda membawa dongkrak serta kunci roda, masalah tersebut sebenarnya sudah bisa teratasi yakni dengan menggantinya dengan ban serep.
Tips Mengganti Roda Mobil

Ilustrasi Mengganti Roda Mobil

Mengganti roda mobil sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Namun jika belum mengerti tekniknya,mungkin akan kesulitan.Nah disini saya akan sedikit memberikan tips bagaimana mengganti roda mobil dengan mudah. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu peralatanya yakni dongkrak dan kunci roda, kemudian tempatkan mobil di tempat yang datar. Yang harus diperhatikan mobil jangan di dongkrak terlebih dahulu namun kendorkan dahulu baut roda menggunakan kunci roda. Jika mobil didongkrak terlebih dahulu, nanti akan kesulitan dalam mengendorkan baut. Meskipun roda telah tertahan oleh beban mobil, terkadang kita masih kesulitan mengendorkan baut roda karena kekencangan baut tersebut. Jika dengan menggunakan kedua tangan tidak kuat, maka bantulah dengan berat tubuh anda. Caranya kedua tangan memegang salah satu ujung kunci, kemudia satu kaki menginjak ujung kunci yang lain. Tariklah salah satu ujung kunci dan ujung kunci yang lain di tekan menggunakan kaki. Dengan cara demikian maka baut roda akan mudah dikendorkan. Cara yang lain adalah dengan menggunakan bantuan pipa besi. Dengan memperpanjang lengan ayun pada kunci tersebut maka beban untuk memutar baut akan semakin ringan. Satu hal lagi yang harus diperhatikan yakni dalam mengendorkan baut harus bergantian secara menyilang. 

Jika semua baut roda sudah kendur baru angkat mobil menggunakan dongkrak. Setelah itu lepaskanlah semua baut roda diikuti melepas roda. Jika sudah pasanglah roda serep diikuti memasang baut roda. Kencangkan baut dengan cara menyilang kemudian lepaskan dongkrak. Langkah terakhir adalah mengencangkan semua baut roda sesuai standar. Nah dalam mengencangkan baut roda ini seharusnya menggunakan kunci momen, agar kekencanganya merata dan sesuai spesifikasi. Namun jika tidak ada kunci momen, pastikanlah baut roda tersebut benar-benar kencang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengganti Roda Mobil

0 komentar:

Post a Comment