sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Monday 16 May 2016

Yuk Upgrade Performa Suzuki Nex, Tenaga Naik Sampai 30%

Upgrade Performa Suzuki Nex - Keluar dari pabrik, Suzuki Nex FI tergolong motor matic kelas entry level yang memiliki performa "ngibrit". Hal itu lantaran bobotnya yang ringan hanya 87 kg saja. Kendati demikian masih ada saja yang kurang puas dengan performanya. Jika sudah demikian pilihanya ya upgrade mesin si skutik agar performanya terdongkrak. Dalam kondisi standar, Suzuki Nex Fi memiliki tenanga 7,14 dk pada putaran 6800 serta torsi sebesar 7,84 Nm di putaran 6700. Dengan beberapa ubahan berikut ini, performanya bisa meloncat hingga 9,34 dk pada putaran 8400 dengan torsi 8,33 Nm di putaran 7500. Kenaikan mencapai 2,9 dk atau sekitar 29,3%. Penasaran ubahan apa saja yang dilakukan? berikut detail selengkapnya


 Upgrade Performa Suzuki Nex Fi

1. Bore Up
Untuk mendapatkan tenaga seperti itu tentu saja hal pertama yang dilakukan adalah dengan memperbesar volume ruang bakar. Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti piston standar yang berdiameter 51 mm dengan piston 53 mm miliki Kawasaki Kaze. Dengan langkah standar yakni 55,2 mm saja, kapasitas silinder sudah menajdi 121,7 cc. Untuk aplikasinya cukup korter standar saja tak perlu ganti boring. Namun piston perlu sedikit dipapas agar kompresi menjadi 11,1:1

2. Papas Kem
Ubahan selanjutnya untuk menyesuaikan asupan bahan bakar dan efisiensi volumetris maka perlu dilakukan pemapasan pada kem. Kem perlu dipapas sebesar 2 mm dengan durasi in 265 derajat dan ex 263 derajat. Dengan ubahan ini bukaan klep lebih tinggi dan lebih lama.

3. Porting & Polish
Dibagian kepala silinder tak banyak ubahan, hanya diperlukan porting & polish saja untuk memperlancar aliran bahan bakar.

4. Piggyback Iquteche
Nah karena sudah menggunakan sistem FI, maka agar pasokan bahan bakar lebih besar bisa diakali dengan pemasangan piggyback. Harganya sekitar Rp 700 ribuan dan sudah sangat membantu untuk memaksimalkan performa.

5. Knalpot
Terakhir untuk memperlancar aliran gas buang, knalpot standar digantid engan knalpot racing. leher bisa pakai ukuran 22 mm sedangkan silincernya bisa menggunakan milik Mio yang sudah dibobok. Suara yang ditimbulkan tidak terlalu bising sehingga nyaman ditelinga.

Dengan lima ubahan diatas performa suzuki Nex Fi sudah melonjak hingga 30%. Modifikasi ini juga cukup aman digunakan untuk harian. Gimana tertarik untuk  Upgrade Performa Suzuki Nex Fi milikmu?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Yuk Upgrade Performa Suzuki Nex, Tenaga Naik Sampai 30%

0 komentar:

Post a Comment