sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Thursday, 13 November 2014

Waspadai Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis Berikut Ini

Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis - Mungkin diantara pembaca sekalian pernah merasakan kampas rem cakram cepat habis seperti yang dialami oleh Herminanto warga Bantul Yogyakarta ini. " Baru bulan kemarin ganti kampas rem, tapi sekarang sudah habis" keluhnya. Herminanto yang sehari-hari bekerja sebagai buruh pabrik mengeluhkan saat rem motornya yang tidak lagi pakem. Setelah ia periksa ternyata kampas remnya tinggal tipis, padahal baru bulan kemarin ia ganti kampas rem. Setelah saya periksa ternyata penyebabnya adalah piringan atau cakram remnya oleng.
Waspadai Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis Berikut Ini

Penyebab kampas rem cakram cepat habis seperti ini memang kerap dijumpai pada beberapa motor. Salah satu indikasinya adalah saat dipakai untuk ngerem akan terasa "ndut-ndutan". Penyebab utama cakram oleng adalah benturan. Solusinya ya harus ganti cakram yang oleng dengan yang baru. Lantas bagaimana bisa cakram oleng bisa menyebabkan kampas rem cepat habis? Jelas saja cakram oleng bisa menyebabkan kampas rem cepat habis, karena pada saat rem belum difungsikan kampas rem sudah bergesekan dengan bagian cakram yang oleng. Karena hal tersebut terjadi secara terus menerus saat roda berputar, akibatnya kampas rem akan cepat menipis bahkan bisa saja cakram yang ikut aus. 

Indikasi atau tanda cakram oleng ini adalah pada saat mengerem atau menekan tuas rem akan terasa ndut-ndutan. Tuas rem seperti bergerak maju mundur secara kontinyu. Jika tidak begitu terasa, pastikan dengan melihat gerakan cakram dari depan. Putar roda dan lihatlah gerakan cakram dari depan, jika cakram oleng maka akan jelas terlihat. Penyebab lain cakram yang oleng ini adalah sang pemilik motor sering lupa membuka gembok yang biasa dipasang dicakram untuk pengaman. Jika hanya satu atau dua kali mungkin tidak begitu berpengaruh. Akan tetapi jika hal tersebut sering dilakukan pasti akan memicu cakram atau piringan yang oleng. Selain itu umur cakram juga bisa menjadi penyebab cakram oleng yang menyebabkan kampas rem cepat habis. Jika cakram sudah termakan usia biasanya permukaanya akan aus dan menjadi tipis. Karena panas akibat gaya gesek dengan kampas rem, cakram yang tipis lama kelamaan akan melengkung. 

Jadi penyebab utama kampas rem cepat habis adalah kondisi piringan atau cakram. Lakukanlah pengecekan pada cakram terhadap keolengan. Jika cakram atau piringan masih bagus, faktor lain yang menyebabkan kampas rem cepat habis adalah kualitas kampas rem itu sendiri. Jadi sebaiknya belilah kampas rem yang memiliki kualitas bagus meski harganya sedikit lebih mahal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Waspadai Penyebab Kampas Rem Cakram Cepat Habis Berikut Ini

0 komentar:

Post a Comment