sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Saturday 29 November 2014

Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor

Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor - Setelah harga BBM bersubsidi naik pada bulan November ini, banyak para pengguana sepeda motor yang beralih untuk menggunakan Pertamax. Meski lebih mahal, namun karena selisihnya hanya sedikit sudah bisa mendapatkan bahan bakar yang memiliki kualitas lebih bagus. Harga pertamax saat ini adalah Rp 10.800,- sedangkan premium Rp 8500,-. Itu artinya selisih keduanya hanya Rp 2.300,- saja. Apalagi pada bulan November nanti harga Pertamax turun dibawah Rp 10. 000,-. Hal ini akan berdampak semakin banyak para pengguna motor yang menggunakan Pertamax. Lantas bagaimana efek pertamax jika digunakan untuk sepeda motor?
Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor


Kelebihan Pertamax Di Banding Premium
Pertamax adalah bahan bakar andalan dari Pertamina yang pertama kali diluncurkan tahun 1999 lalu untuk menggantikan Premix 98. Dengan harga yang dibanderol lebih tinggi dibanding premium, tentu saja Pertamax memiliki beberapa kelebihan. Sebelum anda beralih untuk menggunakan Pertamax mungkin sebaiknya ketahui dulu beberapa kelebihan pertamax berikut ini:
  1. Pertamax adalah bahan bakar tanpa timbal yang didalamnya mengandung zat aditif generasi 5 yang bersifat detergensy. Jadi andai kata didalam bahan bakar terdapat kotoran maka akan dibersihkan dengan zat aditif tersebut. Dengan demikian beberapa komponen seperti injektor dan ruang bakar akan lebih terjaga kebersihanya. Zat ini tidak ada pada bahan bakar bersubsidi atau premium.
  2. Perbedaan pertamax dan premium salah satunya adalah pada nilai oktan. Pertamax memiliki RON (researc oktan number) 92 sedangkan Premium hanya 88. Nilai oktan sendiri merupakan nilai yang menunjukan ketahan bahan bakar terhadap tekanan kompresi. Semakin tinggi nilai oktan maka juga semakin tahan terhadap tekanan kompresi. Dengan demikian sepeda motor yang memiliki kompresi tinggi sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar pertamax. Jika dipaksakan untuk menggunakan premium maka ada kemungkinan menyebabkan knocking atau ngelitik. Knocking ini sagat berpotensi untuk merusak komponen mesin.
  3. Pada motor dengan kompresi tinggi, maka dengan menggunakan bahan bakar pertamax bisa menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna yang berujung pada emisi yang rendah. Dengan demikian Pertamax juga bisa dikatakan lebih ramah lingkungan.
Apa Akibat Mengoplos Pertamax dan premium ?
Mungkin diantara anda pernah mengoplos pertamax dan premium. Jika tujuan anda untuk meningkatkan nilai oktan hal tersebut sah-sah saja dilakukan dan tidak merusak mesin. Mencampur antara pertamax dan premium akan berdampak secara linear terhadap nilai oktan. Misalnya jika anda mengoplos dengan perbandingan 1:1 maka nilai oktan yang didapatkan adalah 90 yakni dari pertamax 92 dan premium 88. Akan tetapi pertamax mengandung zat pembersih sementara premium tidak. Dengan demikian zat aditif pada pertamax tidak berfungsi secara optimal, lantara komposisinya telah berubah.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan Pertamax dibanding premium diatas, apakah anda tertarik untuk beralih menggunakanya? Secara garis besar efek memakai pertamax pada sepeda motor berdampak bagus terutama yang memiliki kompresi tinggi. Pembakaran didalam silinder lebih sempurna dan beberapa komponen mesin lebih terjaga kebersihanya. Jika anda berniat untuk mengoplos pertamax dan premiun sah-sah saja dilakukan, hanya saja zat aditif pada pertamax tidak lagi berfungsi optimal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor

1 komentar:

  1. Bagi ane yg sensitif nyium bau bensin premium bisa mual, sakit kepala, pusing,,, tapi pertamax tidak,,,

    ReplyDelete