sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Tuesday 21 October 2014

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati

Cara memperbaiki starter motor- Salah satu komponen pada sepeda motor yang juga memiliki peran cukup vital adalah motor starter. Jika sepeda motor anda dilengkapi dengan kick starter, apabila motor starter mati mungkin tidak menjadi suatu masalah berarti. Karena anda masih bisa menyalakan sepeda motor dengan cara "di slah" atau menggunakan kick starter. Namun beberapa sepeda motor saat ini ada yang tidak dilengkapi dengan kick starter. Lalu apa jadinya jika starter motor mati? jalan satu-satunya adalah dengan cara didorong. Hal ini tentu akan sangat merepotkan.
Cara memperbaiki starter motor

Untuk memperbaiki starter motor, tentu anda harus mengetahui gejala awal dari kerusakan pada starter  motor tersebut. Periksalah gejala awal matinya starter motor seperti suaranya yang kasar, atau bahkan tidak ada suara sama sekali ketika tombol starter di tekan. Apabila saat tombol starter ditekan namun motor starter tidak berputar alias hanya diam maka besar kemungkinan disebabkan oleh aki motor yang lemah. Kerusakan starter motor bisa terjadi pada empat komponen yakni aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Untuk cara pemeriksaanya simak ulasanya berikut ini

Cara Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor


  1. Aki atau Baterai
    Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam alias tidak mau berputar maka pertama kali yang harus dicek adalah sumbernya yakni baterai. Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak.
  2. Rangkaian Starter
    Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari kabel yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Caranya dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor bersihkan dengan amplas halus.
  3. Relay Starter atau Bendik
    Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. Cara mengeceknya, sambung dua  kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ dan -), jika terdengar suara "cetak" berarti masih bagus. Jika tidak kemungkinan besar bendik sudah mati dan cara memperbaikinya adalah dengan dilem biru alias lempar ganti yang baru.
  4. Motor Starter (dinamo)
    Kerusakan pada motor starter memang jarang terjadi. Periksa dengan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa. Tekan tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus atau kumparan putus. Jika hanya brushnya saja yang sudah aus, anda bisa menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata kumparan (spull) putus sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo. 
Demikianlah tadi cara memperbaiki starter motor yang bisa anda lakukan dirumah. Nah agar starter motor awet sebaiknya lakukan perawatan starter motor secara rutin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati

0 komentar:

Post a Comment