sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Tuesday, 1 July 2014

Cara Pasang Oil Cooler Di Motor Yamaha Byson

Cara Pasang Oil Cooler - Yamaha Byson merupakan motor berkapasitas 150 cc dan belum mengaplikasikan sistem injeksi. Meski kapasitas mesinya lumayan besar namun sistem pendinginan Yamaha byson ini masih pakai udara dengan sirip-sirip pendinginya. Al hasil saat dipakai untuk menempuh perjalanan yang jauh suhunya melonjak naik sehingga mesin terasa ngoyo dan suaranya agak kasar. Salah satu cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memasang oil cooler.
Cara Pasang Oil Cooler Di Motor Yamaha Byson
oil cooler

Dengan memasang oil cooler di Yamaha Byson ini maka suhu mesin lebih stabil meski menempuh perjalanan yang jauh. Karena suhunya stabil maka performa Yamaha Byson inipun jadi stabil. Hal ini terbukti oleh Adi Pratama pemilik Yamaha Byson tahun 2011 sebagaimana yang dimuat di situs otomotifnet. Sebelum dipasang Oil Cooler, ia merasa tungganganya sedikit ngoyo dan suara mesin terdengar agak kasar. Hal ini disebabkan oleh suhu oli yang meningkat sehingga menjadi encer. Kemudian ia berinisiatif untuk memasang Oil Cooler di Yamaha Byson miliknya. Hasilnya motor kembali bertenaga dan suara mesin tidak kasar lagi. Untuk pemasanganya ia menyerahkan di salah satu bengkel modifikasi dengan memberikan mahar sebesar Rp 800 ribu terima beres. Sebenarnya proses pengerjaanya tidak terlalu lama, berikut cara pasang oil cooler di motor Yamaha byson.

  1. Siapakan terlebih dahulu 1 paket oil cooler aftermarket, atau bisa juga memakai oil cooler milik satria F 150. 1 paket tersebut terdiri dari nipel, selang oli dan oil cooler.
  2. Untuk jalur atas, ambil dari cylinder head yang diperbesar dan kemudian dipasang baut nipel untuk disambungkan dengan selang menuju oil cooler.
  3. Sedangkan 1 jalur lainya yakni di selang oli bawah harus buat jalur baru. Posisinya di bak kopling tepatnya di atas filter oli. Untuk jalur lama atau jalur standarnya harus ditutup agar oli bisa mengalir melalui jalur baru. Pasang baut nipple dan sambungkan dengan selang dari oil cooler.
  4. Jika kedua jalur oli sudah terpasang, kini tinggal membuatkan braket atau dudukan untuk oil coolernya. Dudukan oil cooler ini nantinya bisa ditempelkan di rangka.
  5. Setelah semunya beres, anda bisa memasang cover oil cooler agar lebih aman jika terkena benturan.

Demikianlah cara pasang oil cooler di motor Yamaha Byson. Secara sederhana cara kerjanya oli dari filter oli akan mengalir melalui jalur baru menuju oil cooler. Setelah mengalami proses pendinginan di oil cooler maka oli kemudian mengalir ke lubang di cylinder head.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Pasang Oil Cooler Di Motor Yamaha Byson

0 komentar:

Post a Comment