sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Tuesday, 24 June 2014

Upgrade Honda Scoopy Fi, Modal 4,5 juta Power Meningkat Drastis

Upgrade Honda Scoopy Fi – Tunggangan retro besutan Honda yakni scoopy Fi belum lama ini hadir dengan striping baru. Motor ini memang dikhususkan untuk anda yang ingin berpenampilan ala retro. Motor berkapasitas 110 cc ini memang identik dengan gaya mengemudi yang santai serta tidak untuk kebut-kebutan. Kendati demikian tak sedikit pemilik Honda Scoopy Fi ini mengupgrade mesinnya agar powernya meningkat. Jika anda salah satu pemilik Honda scoopy Fi, cukup dengan modal Rp 4,5 juta anda sudah bisa meng-upgrade Honda Scoopy Fi agar powernya meningkat. Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar power Honda scoopy Fi:

Silinder Block
Agar didapatkan hasil pembakaran yang besar maka perlu memperbesar volume silinder. Piston bawaan diganti dengan piston milik Kawasaki Kaze yang memiliki diameter 54 mm. Agar piston tersebut bisa masuk ke silinder tentu harus dilakukan bore up, tak perlu besar cukup 54 mm saja maka volume silinder sudah menjadi 125 cc. Di jalur masuk udara, klep standar masih dipakai hanya saja untuk pernya ditarik sedikit agar lebih keras.

CVT
Lanjut ke sektor penerus daya, roller dengan berat 10 gram dan puli buatan TDR bisa diaplikasikan. Per CVT asli dilepas dan kemudian diganti milik kymco standar. Hal ini dikarenakan per CVT kymco lebih keras dan panjang.

Throttle Body
Agar asupan bahan bakar sesuai dengan kapasitas mesin, maka part lain juga perlu disesuaikan. Trhottel body diganti milik Honda Vario 125 serta injector juga diganti milik Honda CB 150R.

ECU
ECU adalah otak dari mesin yang telah menerapkan sistem injeksi. Karena beberapa part sudah mengalami perubahan maka ECU standar sudah tidak lagi sesuai dengan permintaan mesin. ECU ini bekerja dengan sensor-sensor yang ada di kendaraan. Nah agar kinerja ECU bisa sesuai dengan kebutuhan mesin maka perlu memanipulasi data dari sensor-sensor tersebut. Caranya dengan memasang piggy back merk API Tech. Settingan AFR distel di angka 13,2.

Noken AS
Agar proses pemasukan bahan bakar dan pengeluaran gas buang lancar maka noken as juga perlu disesuaikan. Durasi noken as dibuat 240 derajat, durasi ini masih aman untuk digunakan harian.

Nah itulah cara upgrade Honda scoopy Fi agar power meningkat. Hasil yang didapatkan power Honda scoopy yang standarnya 8,28 dk pada 8000 rpm naik menjadi 13, 17 dk pada 8914 rpm. Selain itu torsi standar yang hanya 8,32 Nm/ 5.500 rpm naik menjadi 12,5 Nm/ 8654 rpm.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Upgrade Honda Scoopy Fi, Modal 4,5 juta Power Meningkat Drastis

0 komentar:

Post a Comment