sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Tuesday, 24 June 2014

Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi Akibat Begadang

Demam Piala Dunia 2014 memang merebak ke seluruh penjuru di Dunia. Bahkan orang yang awalnya tak suka bola pun tak mau ketinggalan menyaksikan pergelaran akbar tersebut, termasuk di Indonesia. Pada tahun 2014 ini Piala Dunia di selenggarakan di Brazil, otomatis waktu tayang di Indonesia adalah malam atau pagi hari. Jelas hal ini menyita waktu tidur, terutama bagi yang gila bola yang memilih untuk tidak tidur demi menyaksikan jalanya pertandingan. Akibatnya rasa kantuk mendera di keesokan harinya ketika beraktivitas. Yang paing bahaya adalah ketika anda mengemudi dengan keadaan mengantuk. Telah banyak korban kecelakaan yang disebabkan pengemudinya mengantuk.
Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi
Rasa Ngantuk Saat Mengemudi

Menghilankan rasa ngantuk saat mengemudi adalah wajib dilakukan. Jika anda tetap memaksakan diri akibatnya kemampuan dan kewaspadaan dalam berkendara akan berkurang. Bukan hanya membahayakan diri sendiri namun juga membahayakan orang-orang di sekitar anda atau pengendara lain. Selama ini kopi dkenal sebagai penghilang rasa ngantuk. Namun sejatinya kopi hanyalah menunda rasa kantuk, jadi meminum kopi atau suplemen bukanlah solusi tepat untuk menghilangkan rasa ngantuk saat mengemudi. 

Sebenarnya tidak ada cara lain untuk menghilankan rasa ngantuk selain tidur. Jadi sebelum mengemudi usahakan minimal sudah tidur selama 6 jam. Namun waktu tidur yang ideal adalah 8,5 jam untuk anda yang dibawah 30 tahun, sedangkan yang 30 tahun keatas 7 sampai 8 jam sudah cukup. Saat anda mengemudi kemudian rasa ngantuk menyerang maka langkah yang sebaiknya dilakukan adalah meminggirkan kendaraan kemudian beristirahat. Ambilah minuman hangat kemudian pejamkan mata sejenak. Setelah bangun, olahragalah sebentar untuk melemaskan otot otot kaku. Ciri-ciri ketika anda harus istirahat saat mengemudi adalah mulai menguap, mata berair, kepala kerap bersandar dan laju kendaraan mulai oleng. Jika anda sudah mengalami hal tersebut sebaiknya istirahat terlebih dahulu karena jika dipaksakan bisa menyebabkan otak berhenti walau mata tetap melek. Hal ini tentu membahayakan ketika sedang mengemudi. Demikianlah tips menghilangkan rasa ngantuk saat mengemudi akibat begadang. Begadang menonton Piala Dunia 2014 sah-sah saja, namun anda juga harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi Akibat Begadang

0 komentar:

Post a Comment