sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Friday, 13 June 2014

Cara Pasang Saklar Lampu di Motor AHO

Cara Pasang Saklar Lampu – AHO atau singkatan dari Automatic Headlamp On merupakan sebuah sistem yang diterapkan di sebagian besar motor keluaran terbaru. AHO memungkinkan lampu utama motor hidup terus saat mesin dinyalakan (tidak ada saklarnya). Hal ini diterapkan oleh beberapa produsen otomotif karena adanya peraturan yang mengharuskan menyalakan lampu disiang hari. Meski banyak menuai pro-kontra, pihak kepolisian menilai dengan menyalakan lampu setiap saat akan mengurangi tingkat kecelakaan yang selama ini angkanya cukup besar. Namun terkadang AHO juga menimbulkan gangguan. Contohnya ketika melewati gang-gang kecil, karena lampu tidak bisa dimatikan akan membuat silau orang disekitarnya. Jika anda ingin mematikan lampu tersebut solusinya pasang saklar.
lampu motor nyala disiang hari automatic headlamp on
motor dengan automatic headlamp on

Cara pasang saklar lampu motor AHO bisa diakali dengan mengganti sakelar bawaan motor dengan saklar dari motor lain yang cocok. Contohnya untuk motor mio j bisa pakai saklar mio (lawas sporty), atau kalau Honda CBR150R bisa pakai saklar supra x100. Untuk motor-motor lain silahkan disesuaikan sendiri ya. Soal harga untuk saklar supra X100 ori memang agak mahal yakni Rp 200 ribuan. Namun kalau yang imitasi hanya Rp85 ribu saja, kualitasnya juga cukup bagus kok. Pemasanganya memang dibutuhkan ketelitian karena selain saklar on/off lampu juga ada saklar lampu jauh/dekat, klakson dan sein. Karena sakelarnya banyak tentunya kabel yang digunakanpun banyak. Jika binggung dibawa ke bengkel saja, serahkan pada ahlinya. Hehee
saklar lampu untuk motor aho
saklar lampu untuk motor aho

Namun jika anda tetap ngotot untuk masang sendiri, sebenarnya asalkan jeli untuk memasang saklar lampu motor AHO tersebut tidak terlalu sulit kok. Pertama-tama cari kabel dari kiprok yang akan menuju saklar jauh/dekat. Setelah ketemu potong kabel tersebut dan pasang di kedua kaki saklar lampu yang baru. Untuk saklar lainya tinggal disesuaikan saja, kan pada motor AHO juga tersedia. Misalnya kabel yang ada di saklar klakson motor AHO tinggal potong kemudian sambung di saklar baru, begitu juga dengan kabel-kabel lainya. Kalau semua sudah terpasang, jangan lupa untuk mengeceknya satu persatu. Nah sekarang lampu motor anda sudah bisa dimatikan dengan menekan saklar lampu ke posisi “off”. Kini anda tak perlu khawatir membuat silau orang-orang di sekitar anda saat melewati gang. Namun ketika bepergian jauh, meski pada siang hari jangan lupa untuk tetap dihidupkan ya..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Pasang Saklar Lampu di Motor AHO

0 komentar:

Post a Comment