sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Thursday, 19 June 2014

Cara Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep, Motor Lebih Responsif

Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep – Pada motor motor skutik atau sport yang belum menerapkan sistem injeksi banyak yang mengaplikasikan constan velocity atau yang dikenal karburator vakum. Beberapa motor yang mengaplikasikan karburator jenis ini diantaranya Yamaha Byson, Suzuki Thunder 125, Suzuki Satria F150, Honda BeAt, Yamaha Mio, Honda Vario dll. Alasanya karena karburator jenis vakum bisa menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit karena gerakan skep tidak mengikuti gerakan putaran grip gas melainkan berdasarkan kevakuman yang terjadi pada intake manifold.
karbu vakum
karbu vakum

Meski diklaim mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, namun karburator vakum sering ngadat terutama jika sudah termakan usia. Selain itu apabila karet vakum sobek, harus mengeluarkan banyak uang untuk mengganti dengan yang baru. JIka tidak diganti ya tentu efeknya pada performa motor, karena gerak naik turun skep tidak sesuai. Nah dari pada harus mengganti karburator baru, solusinya bisa dengan merubah karburator vakum menjadi skep atau kembali ke konvensional. Gerak naik skep tidak lagi berdasarkan kevakuman, melainkan langgsung mengikuti gerakan putaran grip gas. Hasilnya motor bisa lebih responsive. Kendati demikian memang diperlukan dana setidaknya Rp 300 ribu karena tidak bisa di custom sendiri harus dibawa ke tukang bubut. Prosesnya dengan melepas bilah kupu-kupu dan karet vakum kemudian diubah layaknya karburator konvensional dengan skep dan per / pegas. Pekerjaan ini bisa diserahkan ke tukang bubut. Nah berikut ini adalah tampilan karburator vakum yang telah di custom menjadi skep.
 Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep

 Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep


Selain merubah karburator vakum menjadi skep, agar didapatkan performa yang lebih yahud anda bisa memperbesar diameter venturi. Pada motor skutik diameter venture biasanya 26 mm, cukup dibesarkan menjadi 28 mm tarikan motor lebih mantap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep, Motor Lebih Responsif

0 komentar:

Post a Comment