sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Sunday, 29 June 2014

Cara Mengganti Oli Motor Dengan Benar dan Mudah

Cara Mengganti Oli Motor – Oli pada sepeda motor memiliki peran yang sangat vital. Fungsi utamanya adalah untuk melumasi komponen-komponen mesin yang berputar. Mesin pada sepeda motor terdiri dari beberapa komponen yang berputar dan saling bergesekan. Oli pelumas berfungsi menjadi perantara antara kedua komponen yang saling bergesekan sehingga tidak terjadi keausan. Selain itu oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin akibat proses pembakaran yang terjadi. Bahkan dibeberapa sepeda motor seperti satria FU telah dilengkapi dengan oil cooler. 
Cara Mengganti Oli Motor
Cara Mengganti Oli Motor

Penggantian Oli pada sepeda motor perlu dilakukan secara berkala. Hal ini dikarenakan semakin lama usia pakai dari sebuah oli pelumas maka kualitas oli tersebut akan berkurang. Untuk sepeda motor 4 tak biasanya penggantian oli mesin dilakukan setiap 2000 km. Anda bisa mengecek di speedometer untuk mengetahui jarak yang telah ditempuh. Ciri-ciri Oli yang sudah seharusnya diganti diantaranya encer, kotor, berwarna hitam pekat serta daya rekatnya sudah berkurang. Nah jika oli pada motor anda sudah dalam kondisi seperti itu maka segeralah untuk dilakukan penggantian. Jika dibiarkan saja tentu akan berdampak pada komponen mesin yang mengalami keausan. Lebih jauh lagi dampak yang terjadi diantaranya kompresi bocor, piston ngancing, tenaga drop dll. Sebenarnya tak perlu jauh-jauh kebengkel untuk mengganti oli mesin, andapun bisa melakukanya dirumah. Berikut adalah cara mengganti oli motor yang bisa anda terapkan untuk motor anda.
  1. Persiapkan satu botol oli, penampung dan kunci ring untuk membuka baut tap oli.Yang harus diperhatikan adalah volume oli yang baru saja anda beli. Untuk motor bebek menggunakan oli yang 0,8 L sedangkan untuk motor sport menggunakan oli 1 L. 
  2. Buka baut tap oli yang biasanya terletak dibagian bawah mesin dengan menggunakan kunci ring atau kunci pas.
  3. Letakan wadah/ penampung dibawahnya untuk menampung oli bekas.
  4. Buka tutup pengisian. Agar bersih anda bisa menggunakan udara bertekanan (kompresor) untuk menyemprot sisa-sisa oli didalam mesin melalui lubang pengisian.
  5. Jika sudah pasang kembali baut tap.
  6. Tuangkan oli baru ke mesin.
  7. Pasang kembali tutup pengisian.

Nah sangat mudah bukan cara mengganti oli motor ini? Saya yakin andapun bisa melakukanya sendiri di rumah. Selamat mencoba…

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengganti Oli Motor Dengan Benar dan Mudah

2 komentar:

  1. cara penyampaian panduannya sangat menarik, jadi mudah dimengerti, makasih

    ReplyDelete