sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Tuesday 10 June 2014

Cara Membuat Lampu Hazard (Lampu Sein Nyala Semua) Di Motor

Siapa yang belum kenal dengan lampu hazard? Itu lho lampu sein yang menyala bersamaan di mobil. Untuk menghidupkan lampu hazard tinggal memencet tombol segitiga merah yang ada di dashboard. Fungsi dari lampu hazard tidak lain adalah untuk memberi tanda bahwa kendaraan dalam keadaaan darurat seperti mogok, sedang mengganti ban, kecelakaan dll. Pada sepeda motor memang tidak disediakan penggunaan lampu hazard. Meski demikian acap kali para rider memodifikasi motornya agar lampu seinya bisa menyala layaknya lampu hazard di mobil. Bagaimana caranya? Berikut kami berikan cara membuat lampu hazard di motor.
lampu hazard di motor
lampu hazard di motor

Cara membuat lampu hazard di motor sebenarnya cukup simple, anda tinggal menghubungkan antara lampu sein kiri dan lampu sein kanan. Hanya saja flasher pada sepeda motor tidak kuat untuk mengedipkan keempat lampu sein. Flasher merupakan komponen pada rangkaian lampu sein yang berfungsi untuk mengedipkan lampu. Solusinya untuk membuat lampu hazard di motor harus mengganti flasher tersebut dengan flasher yang digunakan di mobil. Tenang saja gak usah khawatir aki tekor atau akan merusak komponen lain, dampaknya mungkin hanya lampu akan berkedip lebih cepat ketika hanya menghidupkan dua buah lampu sein. Letak flasher di sepeda motor berbeda-beda namun pada umumnya pada motor bebek di sebelah kanan dekat dengan aki. Jika masih bingung silahkan hidupkan lampu sein dan flasher akan berbunyi “tiktok tiktok”. Berikut langkah-langkah dalam membuat lampu hazard di sepeda motor.
flasher mobil
flasher mobil
  1. Siapkan alat dan bahanya yakni flasher mobil, kabel, saklar, solasi dan obeng.
  2. Bongkar body samping dan cari letak flasher. Jika sudah ketemu silahkan ganti dengan flasher mobil. Pada flasher mobil ada 3 kaki, dua kaki bisa langsung disambungkan dengan socket sedangkan satu kaki lainya silahkan disambung menggunakan kabel dengan body motor.
  3. Apabila pemasangan sudah benar, silahkan nyalakan lampu sein dan lampu sein akan hidup seperti sedia kala. Hanya saja kedipanya lebih cepat.
  4. Nah untuk membuat lampu hazard atau keempat lampu sein menyala bersamaan, silahkan bongkar batok lampu. Cari kabel positif kedua lampu sein (kanan dan kiri)
  5. Kalau sudah ketemu sambungkan keduanya. Agar lampu sein tetap bisa digunakan seperti sedia kala gunakan saklar untuk menyambungnya.
  6. Sekarang lampu hazard di sepeda motor anda sudah jadi. Posisikan saklar pada posisi on dan hidupkan lampu sein, maka keempat lampu sein akan hidup bersamaan. Untuk menonaktifkan lampu hazard tinggal geser saklar ke posisi “off” maka lampu sein akan menyala seperti sedia kala.
Demikianlah cara membuat lampu hazard di motor. Cukup mudah bukan? Jika anda ingin mengaplikasikanya pada sepeda motor anda, maka gunakanlah dengan bijak agar tidak membingungkan pengendara lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Lampu Hazard (Lampu Sein Nyala Semua) Di Motor

3 komentar:

  1. flasher mobilnya bebas apa mobil tertentu...?

    ReplyDelete
  2. flasher mobilnya bebas apa flasher mobil tertentu...??

    ReplyDelete
  3. mas kalo yamaha kayanya jangan di ganti pleser nya kalo honda ganti pleser aja yang lokal trims

    ReplyDelete