sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Thursday, 20 March 2014

Si Matic Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Bagi pengguna matic, mungkin pernah kejadian ketika sedang berjalan motor macet alias gak bisa jalan. Ketika di starter mesin pun gak bergeming, seperti gak kuat memutarkan mesin. Lalu apa penyebabnya? banyak yang bisa dianalisa dari kondisi tersebut salah satunya adalah V- Belt. Jika sesaat sebelum motor mati terdengar suara "tak" maka bisa jadi V belt anda rompal atau putus.
Si Matic Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
V belt matic rompal
Apabila V-belt putus atau rompal jelas saja motor gak mau jalan. Karena piranti inilah yang menghubungkan putaran dari mesin menuju roda belakang. Pertanyaan selanjutnya kenapa V-belt ini bisa putus? apakah kualitasnya yang jelek? eitss tunggu dulu...jangan keburu memvonis kualitas V-belt yang jelek. Perhatikan dulu kondisi komponen-komponen lain yang secara langsung berhubungan dengan V belt. Salah satunya adalah pulley, pulley yang tidak standar bisa mengakibatkan kerusakan pada V-belt itu sendiri.

Coba perhatikan kondisi pulley apakah masih standar atau sudah diganti dengan after market. Sudut pulley yang diubah dari standar bisa menyebabkan V belt tidak menempel secara sempurna. Imbasnya V belt dipaksa untuk mengikuti sudut pulley yang tidak sesuai standar sehingga lapisan V belt terdorong keluar, akibatnya rompalah si V belt tadi. Perlu diketahui V belt terdiri dari beberapa lapisan, itulah alasanya lapisan V belt bisa terlepas. 
Si Matic Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jika anda masih memaksakan menggunakan pulley after market, gunakanlah V belt yang berkualitas tinggi. Alternatif lain, bisa memilih pulley yang tidak mengubah kemiringanya. Pilihlah pulley yang hanya mengubah jalur rollernya saja. Namun tetap saja ada kelemahanya, karena rollernya yang akan kalah. Kalau mau yang aman ya pilihlah yang standar saja !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Si Matic Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

  • Cara Cek Kerusakan Koil Motor Dan Mobil Koil pada motor ataupun mobil berfungsi untuk meningkatkan tegangan menjadi 10 ribu volt. Tegangan ini nantinya akan digunakan untuk memercikan bunga api pada busi. Ind ...
  • Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor Cara Merawat Electric Starter- Penggunaan electric starter memang sangat membantu untuk menghidupkan mesin. Anda tidak susah-susah menggenjot kick starter, dengan sekal ...
  • Cara membuat sepeda motor irit bahan bakar Mempunyai kendaraan sepeda motor yang irit dan memiliki performa yang mumpuni mungkin menjadi keinginan setiap orang. Apalagi orang-orang yang setiap harinya mengg ...
  • Cara Mengganti Filter Oli Motor Yamaha Vixion Mengganti filter oli perlu dilakukan secara berkala. Fungsi filter oli atau saringan oli tersebut tentunya untuk menyaring kotoran yang ada di oli sebelum dialirkan men ...
  • Solusi Mengatasi Honda Vario 125 Yang Ngorok Mengatasi Honda Vario 125 Ngorok- Apabila anda adalah pemiliki honda vario 125 generasi awal atau yang bukan versi ISS (Idling Stop System), mungkin mengalami timbulnya ...

0 komentar:

Post a Comment