sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Wednesday 26 March 2014

Cara Melepas Aki Mobil Yang Baik Dan Benar

Melepas aki mobil dan menggantinya dengan yang baru memang terdengar sangat sepele dan mudah untuk dilakukan. Andapun tak perlu repot-repot datang ke bengkel karena bisa melakukanya di rumah. Namun meskipun sepele, jika tidak dilakukan dengan cara yang baik dan benar bisa-bisa menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan lainya. 
Cara Melepas Aki Mobil Yang Baik Dan Benar
Cara Melepas Aki Mobil


Berikut ini cara melepas aki atau batteray mobil yang benar.
1. Pastikan terlebih dahulu posisi kunci kontak pada posisi "OFF" karena jika tidak, sewaktu melepas bisa menimbulkan percikan bunga api.
2. Lepaskan terlebih dahulu penahan aki dengan melepas bautnya.
3. Agar lebih safety maka dalam pelepasan kabelnya pun diusahakan kabel (-) terlebih dahulu. Setelah kabel (-) benar benar terlepas barulah melepas kabel (+). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi percikan listrik. Begitu juga dalam pemasanganya usahakan kabel (+) terlebih dahulu baru kabel (-). Selain itu juga untuk mencegah terjadinya konsleting. Sebuah kunci biasanya bersifat konduktor, jadi jika kita melepas kabel positif terlebih dahulu ada kemungkinan kunci tersebut akan menyentuh body (-). Karena kunci tersebut bersifat penghantar listrik maka akan terjadi hubungan singkat atau konsleting.
4. Saat penggantian aki yang baru, perhatikan ukuran dan kapasitasnya. Pastikan sama dengan yang lawas. Jika tidak maka akan menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan terutama yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik. 
5. Pada beberapa tipe mobil yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik, ketika melepas bateray harus mereset ECU. Jika tidak beberapa komponen akan ngaco dan ditunjukan dengan indikator lampyang menyala.

Tentunya kini anda sudah tidak mengalami kesulitan lagi dalam melepas maupun mengganti aki mobil. Namun jika masih bingung bisa bertanya pada ahlinya atau melalui kolom komentar dibawah ini. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Melepas Aki Mobil Yang Baik Dan Benar

1 komentar:

  1. om bagaimana cara melepas aki suzuki ertiga biar ECU kgk berubah

    ReplyDelete