sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Friday, 21 February 2014

Cara Merawat Oil Cooler Satria F150

Cara Merawat Oil Cooler Satria F150- Banyak yang salah kaprah yang mengira oil cooler pada Satria F150 adalah radiator. Jika dilihat sekilas memang ada kesamaan bentuk dari oil cooler dan radiator. Padahal kedua kompenen ini jelas sangat beda secara fungsinya. Nah cara kerja dari oil cooler pada satria F150 ini adalah dengan mendinginkan oli pelumas yang disirkulasikan menggunakan sebuah pompa. Dengan demikian temperatur dari satria yang notabene mempunyai kapasitas silinder yang besar dan perbandingan kompresi yang cukup besar akan terjaga. 
Cara Merawat Oil Cooler Satria F150
Oil Cooler Satria F150

Agar oil cooler satra F150 bekerja secara maksimal tentu perlu dilakukan perawatan secara periodik. Selama ini memang teknologi besutan suzuki yang telah dikenalkan sejak 2005 silam itu tidak terjadi masalah. Namun ada beberapa part terkait, yang jika terjadi masalah akan mengganngu kinerja oil cooler. Jika hal tersebut terjadi maka imbasnya mesin Satria F150 akan mudah overhead.

Perawatan Pada Oil Cooler Satria F 150

1. Filter Oli
Komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang bercampur pada oli pelumas. Nah untuk itu perlu dilakukan penggantian secara teratur minimal setiap tiga kali pergantian oli.
2. Cek Kebersihan Filter Oli
Jika terdapat kotoran pada filter oli maka tentunya akan menghambat sirkulasi dari oli pelumas. 
3. Pastikan Gear Pompa Oli Bekerja Dengan Baik
Pompa ini berfunsi untuk memberikan tekanan pada oli pelumas sehingga bisa bersirkulasi. Apabila ada masalah akibatnya sirkulasi terhambat. Masalah yang biasa terjadi adalah rompalnya pada salah satu gigi gear pompa oli tersebut.

Jadi jika filter oli dan pompa oli bekerja secara maksimal maka kinerja oil cooler tidak terganggu, sehingga temperatur oli akan terjaga. Hal ini penting karena jika terjadi overhead akibatnya akan merusak komponen-komponen lain seperti cylinder head yang bengkok, kompresi bocor dll.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Oil Cooler Satria F150

0 komentar:

Post a Comment