sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Wednesday, 1 January 2014

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor

Merawat Rantai Sepeda Motor sangatlah penting untuk dilakukan secara berkala. Hal ini dikarenakan rantai sepeda motor adalah komponen sepeda motor yang rawan berkarat. Apalagi pas musim hujan, air hujan yang mengenai rantai motor akan mempercepat terjadinya karat pada rantai sepeda motor. Apabila rantai sepeda motor berkarat tentu kerja dari rantai itu sendiri kurang optimal dan bisa membahayakan pengendaranya.

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor
Tips Merawat Rantai Sepeda Motor
Merawat rantai sepeda motor sebetulnya sangat mudah untuk dilakukan. Rantai yang berkarat ataupun kotor bisa memperpendek usia dari rantai sepeda motor. Selain itu rantai yang kendur akan menimbukan suara yang berisik. Oleh karena itu rantai sepeda motor perlu dilakukan perawatan. Tips merawat rantai sepeda motor yang pertama adalah mengecek kekendoran dari rantai. Apabila rantai kendor lakukanlah penyetelan dengan mengendorkan baut as roda dan aturlah pada baut penyetel rantai sepeda motor. Pastikan rantai tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor. Yang kedua lumasilah rantai sepeda motor dengan menggunakan pelumas khusus untuk rantai. Jika terpaksa, bisa menggunakan oli bekas. Tips untuk mempermudah melakukan pelumasan rantai adalah dengan menghidupkan mesin dan masukan pada gigi no 2. Hal ini memungkinkan rantai untuk terus bergerak, sehingga anda tinggal menyemprotkan saja pelumas pada rantai tersebut.

Setelah melakukan 2 tips merawat rantai sepeda motor diatas, lakukan juga pengecekan pada gear. Apabila kondisi gear sudah terlalu lancip (akibat keausan) maka segera ganti gear rantai. dalam hal penggantian alangkah baiknya untuk mengganti satu set dengan rantai. Itu tadilah tips sederhana untuk merawat rantai sepeda motor, semoga dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Merawat Rantai Sepeda Motor

0 komentar:

Post a Comment