sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Tuesday 31 December 2013

2 cara yang dilakukan ketika kendaraan macet di jalan

2 cara yang dilakukan ketika kendaraan macet di jalan- ketika sedang dalam perjalanan mungkin ada diantara kita yang mengalami kendaraan kita macet di jalan. Tentu bukan hal yang serius jika anda berhenti di dekat bengkel motor. Namun apabila kita berhenti jauh dari bengkel bahkan jauh dari perkampungan apa yang akan anda lakukan? Apakah hanya duduk-duduk saja menunggu orang lewat dan menolong anda? Tentu itu bukanlah solusi yang baik Di sini saya akan jelaskan tips sederhana untuk mengatasi kendaraan macet dijalan.
2 cara yang dilakukan ketika kendaraan macet di jalan
ilustrasi kendaraan macet
Yang pertama dilakukan adalah mengecek bahan bakar. Lihatlah kondisi bahan bakar di dalam tangki atau bisa dilihat pada indikator di dashboard. Apabila motor anda masih menggunakan sistem karburator pastikan bahwa bahan bakar masuk ke karburator. Dan karena karburator berfungsi untuk mengatur perbandingan campuran bahan bakar dan udara, maka pastikan campuran tersebut tepat. Caranya dengan menggunakan obeng (-) dan putar baut penyetel udara sampai mentok kemudian kendorkan lagi sekitar satu setengah putaran. Nah jika sudah maka cek lah sistem pengapianya. Lepaskan busi dan tancapkan kembali pada kabel tegangan tinggi. Setelah itu tempelkan busi pada body mesin dan lakukan starting pada motor anda. Lihatlah apakah ada loncatan bunga api atau tidak. Jika tidak ada dua kemungkinan yaitu businya kotor atau memang sudah mati. 

Itu tadilah kedua cara sederhana yang bisa dilakukan ketika kendaraan macet di jalan. Pada prinsipnya dalam pembakaran  di dalam mesin ada 3 komponen pokok yaitu api, bahan bakar dan kompresi. Nah apabila ketiga komponen pokok tersebut sudah terpenuhi dalam waktu (timing) yang pas, saya yakin motor anda pasti akan nyala atau hidup.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 2 cara yang dilakukan ketika kendaraan macet di jalan

0 komentar:

Post a Comment