sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Wednesday 8 January 2014

Modifikasi Ringan Vixion Tenaga Jadi Maksimal

Modifikasi Ringan Vixion Tenaga Jadi Maksimal- Hai para bikers khusunya para pengguna vixion. Karena ane juga pengguna vixion, ane kasih tips ni agar vixion kalian bisa mengeluarkan tenaga maksimal. Yamaha vixion beberapa tahun terakhir memang merajai di kelas sport 150 cc. Motor yang dibekali dengan mesin injeksi ini mampu mengeluarkan tenaga 11,1 kw pada putaran 8500 rpm . Bagi kalangan pengguna vixion terutama yang suka modifikasi, masih saja ingin mengupgrade mesinya agar mempunyai power yang lebih dibanding standarnya. Beberapa cara mulai dari bore up, kepras kepala silinder, ganti conecting rod dan lainyapun dilakukan. Namun untuk melakukan hal itu tentu tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Nah bagi anda yang ingin vixionya mempunyai tenaga yang maksimal namun tidak mengeluarkan budget yang tidak begitu banyak, berikut saya sampaikan modifikasi ringan agar tenaga vixion jadi maksimal.

Modifikasi yamaha Vixion Tenaga Maksimal
yamaha vixion
1. Ganti Busi Iridium
Busi sangat vital peranya dalam proses pembakaran. Pembakaran yang sempurna salah satunya dipengarui oleh kualitas dari percikan bunga api busi. Busi iridium dianggap mampu mengeluarkan api yang besar serta lebih fokus. Selain itu busi ini juga tahan terhadap suhu tinggi.
2. Stel CO
Menyetel CO sama halnya menyetel perbandingan campuran bahan pada karburator. Untuk melakukan penyetelan CO dilakukan di beres yamaha, karena harus menggunakan peralatan bernama FI Diagnostic Tool. Untuk mesin yang sudah di modif, biasanya distel antara +10 hingga +20. Dengan penyetelan CO diharapkan mampu menyuplay kebutuhan bahan bakar yang diperlukan.
3. Ganti Per kopling
Kopling adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan antara putaran mesin dengan transmisi. Kehilangan tenaga (lost power) pada kopling biasanya disebabkan lemahnya per kopling. Dengan mengganti per koling yang lebih kuat maka diharapkan tenaga yang dihasilkan mesin akan ditransfer ke transmisi 100%. 
4. Menggunakan knalpot free flow
Dengan mengganti knalpot standar dengan knalpt free flow diharpkan mampu menigkatkan performa vixion. Knalpot R9, AHRS, TDR adalah pilihan tepat untuk mengganti knalpot standar. Dengan knalpot tersebut maka aliran gas buang akan langsung keluar sehingga lebih leluasa.
5. Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi
Karena vixion ini memiliki perbandingan kompresi lebih dari 10 maka kurang bijak rasanya jika masih dikasi bahan bakar premium. Pertamax adalah pilihan yang tepat agar tenaga si vixi lebih optimal. Bahan bakar yang beroktan rendah kurang tahan terhadap tekanan kompresi. Oleh karena itu kendaraan yang mempunyai perbandingan kompresi yang tinggi seperti vixion dibutuhkan bahan bakar yang mampu bertahan terhadap tekanan kompresi.

Sekian dulu deh modifikasi ringan yang bisa dilakukan pada vixion agar tenaga maksimal. Nantikan juga tips modifikasi lainya hanya di tips trick otomotif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Modifikasi Ringan Vixion Tenaga Jadi Maksimal

2 komentar:

  1. Gan, vixion kalau dikasih minum pertamax cepet panas nggak mesinnya? Tulis artikelnya dong...
    Salam, Modifikasi Motor.

    ReplyDelete
  2. emang seharusnya vixion itu pkenya pertamax gan ..karena perbandingan kmpresinya tinggi, sehingga dibutuhkan bahan bakar yang mmpnyai nilai oktan tinggi

    ReplyDelete