sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Sunday 9 February 2014

Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor

Cara Mengganti Kampas Rem- Sebagian besar sistem pengereman pada sepeda motor saat ini sudah menggunakan rem cakram/ disk brake. Sistem rem cakram memanfaatkan gaya hidrolis untuk menggerakan brake pad/ kampas rem. Nah, apabila brake pad sudah aus maka secara otomatis gaya pengereman akan berkurang. Salah satu indikasi brake pad sudah aus, adalah berkurangnya volume minyak rem pada master silinder. Apabila keausan kampas rem sudah tinggi akan terdengar suara gesekan antara piringan dan logam pada kampas rem/ brake pad.
Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
Kampas Rem Sepeda Motor Yang Sudah Aus

Apabila kampas rem sudah aus, maka alangkah baiknya segera dilakukan penggantian. Sebenarnya untuk penggantian kampas rem pada sepeda motor sangatlah mudah, anda pun bisa melakukanya dirumah. Setiap motor mempunyai karakteristik sendiri-sendiri sehingga caranya pun tidak bisa disamakan. Kali ini saya akan mencontohkan bagaimana mengganti kampas rem pada sepeda motor vixion.
1. Lepaskan roda depan sepeda motor dengan menggunakan kunci ring.
2. Lepaskan pengunci pemegang kampas rem pada bagian atas dan bawah.
3. Lepaskan pemegang kampas rem dengan cara ditarik
4. Lepaskan kampas rem dan periksa keausannya
5. Lihatlah alur pada kampas rem, jika sudah tak terlihat berarti kampas rem sudah selayakanya untuk diganti.
6. Dalam pemasangan kampas rem yang baru biasanya akan kesulitan karena piston masih dalam posisi menekan.
7. Untuk itu tekanlah piston kedalam dengan cara memasang kampas rem yang lama kemudian ditekan dengan menggunakan obeng atau semacamnya. Apabila terlalu berat maka kendorkan baut nepel agar sebagian minyak rem keluar.
8. Jika posisi piston sudah masuk, kemudian pasanglah pemegang kampas, pengunci, serta kampas rem.
9. Apabila roda sudah terpasang, lakukanlah pengecekan volume minyak rem. Periksa apakah akibat pengeluaran minyak rem tadi berkurang banyak atau tidak. Kondisi minyak rem yang baik adalah berada pada posisi low dan upper pada master silinder.
10.Jika minyak rem berada pada garis low, maka isilah secukupnya.

Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
kondisi minyak rem pada master silinder
Demikianlah cara penggantian kampas rem pada sepeda motor vixion. Untuk melakukan penggantian kampas rem pada kendaraan lain, maka tidak jauh beda dengan langkah-langkah diatas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor

0 komentar:

Post a Comment