sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Wednesday, 21 May 2014

Sepeda Motor Susah Hidup? Perhatikan Hal Berikut

Sepeda motor susah hidup disebabkan oleh beberapa hal. Namun rata-rata sepeda motor yang susah hidup ini terjadi pada motor yang kurang perawatan. Oleh karena itu setiap pemilik kendaraan bermotor seharusnya sadar akan pentingnya perawatan pada tungganganya. Bayangkan saja ketika anda akan berangkat bekerja, tapi tiba-tiba sepeda motor susah hidup. Bagi anda yang bisa menganalisa penyebabnya dan kemudian memperbaikinya mungkin tidaklah menjadi masalah. Namun gimana untuk mereka yang tidak tau menau masalah mesin?

Sepeda motor susah hidup dikarenakan tidak terbakarnya bahan bakar didalam silinder. Ada 3 faktor utama dalam proses pembakaran yakni udara, bahan bakar dan pengapian. Jika ketiganya bertemu diwaktu yang pas tentunya sepeda motor akan hidup karena terjadi pembakaran. Namun masalahnya meskipun ketiga komponen tersebut sudah ada, tidak berada pada timing dan komposisi yang pas. Misalnya campuran antara bahan bakar dan udara yang masuk ke silinder tidak sesuai (14,7:1) maka campuran bahan bakar tersebut sulit untuk terbakar. Jadi ada beberapa penyebab yang membuat sepeda motor susah hidup diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyebab Sepeda Motor Susah Hidup

  1. Campuran bahan bakar tidak pas
    Pada sistem karburator campuran ini dapat distel melalui sebuah baut. Jika campuran bahan bakar dan udara tidak pas (terlalu gemuk / kurus) maka tentunya motor jadi susah hidup. Untuk itu lakukanlah penyetelan yang pas. Caranya adalah dengan memutar baut ini sampai mentok dan kemudian balikan lagi kira-kira satu setengah putaran. 
  2. Pengapian
    Timing pengapian memang sangat berpengaruh dalam pembakaran didalam silinder. Namun pada umumnya timing pengapian ini tidak akan berubah karena sudah di set mati. Kemungkinan yang menyebabkan motor susah dihidupkan adala api busi kecil . Hal ini bisa disebabkan busi kotor, atau memang sudah mau mati. Selain itu bisa juga disebabkan oleh komponen pengapian lainya seperi CDI atau koil pengapian yang sudah uzur.
  3. Vakum Bensin Rusak
    Pada sebagian sepeda motor dilengkapi dengan vakum bensin. Jika vakum bensin ini rusak maka akibatnya aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat. 
  4. Celah katup tidak tepat
    Hal ini memang jarang terjadi, namun jika setelan katup tidak pas maka proses pemasukan bahan bakar tidak tepat sehingga motor sulit hidup bahkan tidak bisa dihidupkan.
  5. Bahan Bakar tercampur dengan air
    Kebiasaan anak muda yang sering melepas filter udara juga bisa membuat air masuk dan bercampur dengan bensin, akibatnya motor susah hidup.
Nah saya rasa itu tadilah penyebab sepeda motor susah hidup. Hal yang sering terjadi yang membuat motor susah hidup adalah pada pengapian dan juga campuran bakar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sepeda Motor Susah Hidup? Perhatikan Hal Berikut

0 komentar:

Post a Comment